Bawaslu Perlu Untuk Tegas Tangani Dugaan Pelanggaran Pemilu

Berita Politik Terkini

Bawaslu Perlu Untuk Tegas Tangani Dugaan Pelanggaran Pemilu

Bawaslu perlu tegas tangani dugaan pelanggaran pemilu

Ketua Lembaga Hukum Trisila, Hasan Lumban Raja menyoroti pelanggaran Pemilu yang tidak tertangani oleh Badan Pengawa Pemilu (Bawaslu). Hasan menilai, bahwa Bawaslu masih terjebak pada pemahaman pelanggaran hukum dalam arti sempit.

Pelanggaran hukum dalam Pemilu 2019 hanya dipahami sebagai pelanggaran norma undang-undang Pemilu. Hasan mencontohkan, kasus hoaks yang menyebutkan bahwa terdapat tujuh kontainer berisi tujuh puluh juta surat suara yang sudah dicoblos. Kasus ini malah ditangani oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasan menyayangkan ketidakhadiran Bawaslu. Padahal kasus ini ancaman bagi masa depan demokrasi. Mantan Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto ikutmemaparkan bahwa terdapat jenis-jenis pelanggaran pada Pemilu. Jenis pelanggaran Pemilu tersebut adalah pelanggaran administrasi, pidana, dan juga etik.

Direktur Eksekutif Indonesia Publik Institute (IPI), Karyono Wibowo menyampaikan bahwa banyak sekali pelanggaran Pemilu yang tidak diproses secara hukum dan bisa menjadi ancaman masa dpean demokrasi Indonesia.

Sumber :

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/03/13/diperlukan-sikap-tegas-bawaslu-tangani-dugaan-pelanggaran-pemilu.