Debat Cawapres Ma’ruf-Sandi : Terlalu Santun, Kurang Substansi

Berita Politik Terkini

Debat Cawapres Ma’ruf-Sandi : Terlalu Santun, Kurang Substansi

debat cawapres ma'ruf sandi terlalu santun dan kurang substansi

Debat Cawapres Pilpres 2019, yang diadakan pada Minggu 17 Maret 2019 dimana mempertemukan Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno dinilai berjalan terlalu santun dan sangat minim kejutan. Debat ini juga dinilai sangat jauh dari substansi.

Analis politik Exposit Strategic Arif Susanto menilai bahwa sejak awal, kedua kandidat tampil sangat santun dan juga datar. Keduanya memaparkan visi, misi, dan program masing-masing dan hanya sedikit mendebat program antar kandidat.

Arif menilai bahwa debat berjalan monoton, tidak ada serangan ofensif, dan juga tidak membuat efek kejut bagi penonton. Walau begitu, kedua kandidat bisa menhelaskan gagasan dan juga program lebih baik. Walau pada akhirnya mereka dianggap kurang rinci menjelaskan program masing-masing.

Pengamatkomunikasi politik Silvanus Alvin juga ikut berkomentar bahwa Ma’ruf dan Sandi dianggap gagal menyentuh inti permasalahan. Saat membahas pendidikan misalnya, gagasan keduanya ternilai using dan jauh dari klaim industry 4.0.

Ma’ruf dan Sandi hanya sibuk berbicara mengenai pendidikan, beasiswa, dan juga kesejahteraan guru. Padahal Alvin mengatakan, bahwa pendidikan di industry 4.0 berbicara mengenai pendidikan secara personal. Anak didik diarahkan sesuai dengan kemampuan pribadi yang mereka miliki.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190318015309-32-378192/debat-cawapres-maruf-sandi-terlalu-santun-minim-substansi