Hari ini 500 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan terdapat 500 TPS yang akan menggelar pemungutan suara ulang pada hari ini, Sabtu (27/4/2019). Pemungutan suara ini sebelumnya telah direkomendasikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), bahwa terdapat 592 tempat pemungutan suara (TPS) yang perlu untuk melakukan pemungutan suara ulang.

Abhan juga mengatakan bahwa yang menjalani pemilu ulang terdapat 100 TPS di Sumatera Barat, lalu tempat lainnya terdapat di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, NTB, dan di Tangerang. Dipilihnya hari Sabtu juga diharapkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Salah satu alasan dan menjadi tolak ukur mengapa ratusan TPS ini harus dilakukan pemungutan suara ulang adalah karena ditemukannya pemilih yang tidak berhak menggunakan hak suaranya di TPS.

Dikutip dari kompas.com, terdapat delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta Timur yang akan menggelar pemungutan suara ulang Pemilu 2019. Saat dihubungi, Ketua KPU Jakarta Timur, Wage Wardana mengatakan bahwa perlu dilakukan disosialisasi secara giat untuk mencegah berkurangnya jumlah pemilih.

Pemungutan suara ulang juga telah dilaksanakan kemarin, Rabu (24/4/2019) di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten. Pemungutan suara ulang ini karena terdapat dugaan pelanggaran yang dilakukan pada pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019 kemarin.

Sumber :

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/04/26/500-tps-lakukan-pemungutan-suara-ulang-besok?page=3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *