Kampanye Hitam Tidak Hanya di Medsos, Namun Sudah ‘Door to Door’

Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima), Ray Rangkuti menilai bahwa kampanye hitam atau fitnah yang ditujukan pada nomor urut 01 Joko Widodo terus meluas. Kini, terungkap juga pola door to door, atau dari pintu ke pintu rumah.

Menurutnya kondisi ini menandakan adanya ketidakmampuan dari kubu kawan politik dalam membendung elektabilitas Jokowi-Ma’ruf. Ia juga mengataka bahwa ini merupakan sebuah pertanda bahwa suara 01 sulit dibendung. Fitnah ini menurutnya bukanlah hal yang baru, hanya saja praktik dari pintu ke pintunya.

Penyebaran fitnah dan hoaks yang disampaikan dari pintu ke pintu ini dirasa cukup efektif oleh pihak tertentu, ini karena tidak ada pihak lain yang bisa menyanggah dengan argumentasi. Kalau di media sosial, akan bermunculan respon dari dua kubu, bisa saling bantah dan juga bisa saling serang, Ray menjelaskan.

Ray mendesak agar terdapat upaya hukum terhadap praktik fitnah, hoaks, dan ujaran kebencian, dan isu SARA. Karena jika ini terus dibiarkan meluas, bisa memengaruhi pilihan masyarakat.

Sumber :

https://nasional.sindonews.com/read/1383143/12/tak-lagi-di-medsos-kampanye-hitam-sudah-door-to-door-1551437635

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *