Komnas HAM : Ajakan Golput Bisa Termasuk Kampanye Negatif

Berita Politik Terkini

Komnas HAM : Ajakan Golput Bisa Termasuk Kampanye Negatif

ajakan golput bisa termasuk kampanye negatif

Komisioner Komnas HAM Hairansyah menyebut ajakan untuk tidak memilih atau Golput dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 bisa berunsur kampanye negatif. Golput ini juga ia nilai bisa terjadi karena didasari oleh asumsi buruk terhadap Paslon pilpres.

“Pasti ada alasan yang digunakan. Alasan itu bisa jadi kampanye negatif karena memberi catatan buruk mengenai seseorang,” ucap Hairansyah di kantor Komnas HAM, Jakarta.

Hairansyah juga menegaskan bahwa ini bukan berarti dirinya menganggap semua pihak yang golput melakukan kampanye negatif. Menurutnya, pihak yang mengajak golputlah yang bisa dikategorikan sebagai kampanye negatif.

Maka bagi mereka yang golput namun tidak mengajak oranglain, ini tidak termasuk pada kampanye negatif. Ini hanya sekadar mengutarakan pendapat. Hairinsyah mengatakan bahwa sekarang ini baru ada pihak yang hanya sebatas mengutarakan bahwa mereka tidak memilih pada pemilu.

Hairansyah mengatakan bahwa hak memilih dalam pemilu bukan suatu kewajiban, setiap orang juga berhak untuk tidak menggunakannya. Namun berbeda kasus jika mengajak orang lain untuk tidak memilih. Hal tersebut bisa terkena pindak pidana karena diatur dalam Undang-undang No 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190401224120-32-382706/komnas-ham-sebut-ajakan-golput-mengandung-kampanye-negatif