KPU Mengimbau Para Pemilih di Luar Negeri untuk Tidak Unggah Surat Suara di Medsos

Berita Politik Terkini

KPU Mengimbau Para Pemilih di Luar Negeri untuk Tidak Unggah Surat Suara di Medsos

surat suara tidak diunggah di medsos

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau para warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih di luar negeri  dan sudah mencoblos untuk tidak mengunggah hak pilih suaranya di media sosial (medsos).

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan bahwa saat ini terdapat beberapa pemilih di luar negeri yang sudah mencoblos melalui vis pos, dan ia mengimbau untuk tidak mengunggah hasil pilihan ke media sosial.

“Saya mengimbau kepada pemilih di luar negeri tidak perlu lah diunggah ke media sosial. Karena apa> Karena nanti bisa saja ada potensi politik uang dan potensi memperngaruhi pilihan orang lain,” ucapnya di Gedung KPU, Jakarta.

Pemilu serentak memang diadakan pada 17 April 2019 nanti, namun WNI yang tinggal di Polandia sudah mengirimkan surat suara via pos sejak 8 Maret 2019. WNI yang tinggal di luar negeri dan memiliki hak pilih akan mencoblos seminggu lebih cepat yaitu 8-13 April 2019. Walau begitu perhitungan akan tetap dilakukan pada 17 April 2019.

“Memang sudah dimulai, karena dikirim sejak jauh-jauh hari pada 8 Maret. Ketika pihak PPLN menerima surat suara, ada sebagian yang dikirim via pos. Jadi ada beberapa negara yang memiliki pos, tapi ada yang datang ke TPSLN secara langsung,” ungkapnya.

Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/1389248/12/kpu-imbau-pemilih-di-luar-negeri-tak-unggah-surat-suara-ke-medsos-1553273023