KPU Targetkan Hasil Rekapitulasi Sesuai Jadwal yang Sudah ditentukan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan bahwa pihaknya akan tetap menetapkan hasil rekapitulasi pemilu 2019 sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan yaitu 22 Mei. Mereka menargetkan bisa merampungkan rekapitulasi sesuai dengan amanat undang-undang (UU) yang mengatakan bahwa 35 hari selesai. Sampai dengan hari kemarin, KPU masih merampungkan rekapitulasi di seluruh provinsi.

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Thantowi mengatakan bahwa ia dan pihaknya pun harus menyelesaikan urusan seperti penandatanganan berita acara (BA) hasil seluruh rekapitulasi pemilu 2019. Dimana penandatangan ini membutuhkan proses beberapa hari karena setiap daerah memiliki berkas BA yang berbeda-beda.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa hasil rekapitulasi perhitungan bisa cepat dari batas waktu yang telah ditentukan. Sampai saat ini, KPU juga sudah mengesahkan hasil rekpitulasi di 29 provinsi. Pembacaan rekapitulasi Provinsi Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, Riau, dan Sumatra Utara akan diagendakan hari ini. Pembacaan rekapitulasi pemiluluar negeri Kuala Lumpur, Malaysia juga diadakan hari ini.

Sementara itu, Komisoner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengatakan bahwa ia akan terus berkoordinasi dengan KPU dan aparat keamanan terkair adanya indikasi serangan teroris yang ditargetkan dilakyukan pada penyelenggara pemilu pada 22 Mei mendatang.

“Kami selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan dalam setiap proses. Mereka memberikan keyakinan kepada kami bahwa proses ini akan berlangsung dengan aman, tertib, dan bisa diselesaikan dengan damai. Kami yakin pihak TNI dan Polri mampu menjaga kemanan semua,” tegasnya.

 

Sumber :

https://nasional.sindonews.com/read/1405616/12/kpu-target-tetapkan-hasil-rekapitulasi-pemilu-sesuai-jadwal-1558291318

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *