Mendagri Menolak Usulan KPU Mengenai Perppu Tambahan Surat Suara

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumoho menolak usulan KPU agar pemerintah menerbitkan Perppu untuk menjamin ketersediaan surat  suara bagi pemilih tambahan (DPTb). Menurutnya persolan itu bukanlah hal mendesak sebagai syarat penerbitan Perppu.

“Perppu itu kalau ada kegentingan yang mendesak, lalu apakah perpindahan pemilih ke lokasi lain adalah hal yang mendesak? Saya kira tinggal ditambhakan surat suara untuk Pilpres saja,” ujar Tjahjo saat ditemyi di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (25/2/2019).

Tjahjo juga mengatakan bahwa dengan penerbitan Perppu bisa jadi mengganggu tahapan Pemilu yang sudah berjalan. Ia juga mengatakan bahwa DPR RI bahkan tidak menyetujui, jangan sampai mengganggu warna untuk menggunakan hak pilih, namun cukup dengan PKPU yang disempurnakan. Mendagri juga sudah menyampaikan usulannya kepada Menteri Sekretariat Negara untuk diteruskan ke Presiden dan Wakil Presiden.

Sebelumnya, Komisioner KPU RI Viryan Azis mengatakan jumlah DPTb tidak sebanding dengan jumlah surat suara yang tersedia. Menurutnya, menerbitkan Perppu atau masyarakat terancam kehilangan hak pilihnya.

Sumber :

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/25/mendagri-tolak-usulan-kpu-soal-perppu-tambahan-surat-suara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *