Mengulas Hasil Debat Pilpres 2 : Cawapres Tampil dengan Gaya Masing-Masing

Calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto tampil dengan gaya masing-masing pada saat debat capres putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang diadakan di Hotel Sultan, pada Minggu malam, 17 Februari 2019.

Beberapa kalangan menyebut bahwa Jokowi tampil dengan gata agresif, sednagkan Prabowo tampil dengan mengeluarkan narasi yang besar.

Pengamat politik dari Exposit Strategic, Arif Susanto menilai bahwa Jokowi tampil dengan penuh percaya diri, menguasai materi, dan sempat melakukan serangan kepada Prabowo. Sedangkan Prabowo tidak bisa mengefisiensikan waktu dan juga tidak terlalu mengeksplorasi program kerja.

Arif juga mengatakan bahwa Jokowi berhasil memainkan emosi dengan menohok lewat serangan tajam, dan juga bisa bertahan dari serangan Prabowo. Sedangkan Prabowo dinilai kurang mampu mengeksploitasi kelemahan dari Jokowi.

Pengamat politik dari Habibie Center, Bawono Kumoro, juga ikut memberikan penilaian. Ia menilai bahwa Prabowo terjebak dalam narasi besar dan tidak memberikan penjelasan secara mendetail. Ini terkait dengan singgungan Prabowo mengenai Pasal 33 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Bawono juga menyebutkan bahwa narasi yang dibawakan Prabowo kurang tepat untuk diterapkan pada era saat ini.

Terlebih dari segala visi misi antar cawapres dalam debat pemilihan presiden, siapapun yang terpilih menjadi menjadi Presiden pada tanggal 17 April 2019 nanti, semoga bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190218062819-32-370218/ulasan-debat-agresivitas-jokowi-dan-narasi-besar-prabowo

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *