Pelaksanaan Pelantikan 575 Anggota DPR Periode 2019-2024

Awal Oktober dijadikan sebagai hari pelaksanaan pelantikan anggota baru DPR yang berjumlah 575 orang. Mereka adalah wakil rakyat yang sudah terpilih pada hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Pelantikan Paripurna ini digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (1/10/2019). Berdasarkan rundown dari agenda resmi yang ada, acara dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB. Pelantikan itu akan diisi dengan pengambilan sumpah atau janji untuk mengemban tugas selama 5 tahun ke depan.

Dari banyaknya sejumlah anggota tersebut, terdapat beberapa anggota dewan yang sudah pernah terpilih dan mengisi gedung DPR sebelumnya. Nama-nama anggota tersebut di antaranya Bambang Soesatyo dari Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari PKS. Selain itu juga terdapat sejumlah anggota baru yang mengisi kursi DPR seperti Hillary Lasut dari Nasdem, Puteri Komarudin dari Golkar, dan juga Adriana charlotte Dondokambey dari PDIP.

Nama dari anggota terpilih tersebut sudah ditetapkan oleh KPU pada 31 Agustus 2019, dimana Ketua KPU Arief Budiman menyebutkan satu persatu dari anggota DPR terpilih. Walau begitu, terdapat beberapa nama terpilih yang akhirnya digantikan oleh calon lain seperti dari Partai Gerindra yang menarik lima anggota dewan terpilih dan menggantikannya dengan nama lain.

Salah satu nama adalah Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk Dapil Jawa Barat XI. Lalu ada Katherine yang menggantukan Yusid Toyib untuk Dapil Kalimantan Barat I, Yan Parmenas Mandenas menggantikan Steven Abraham untuk Dapil Papua, dan Sugiono menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo untuk Dapil Jawa Tengah I.

 

Sumber :

https://news.detik.com/berita/d-4728481/nama-575-anggota-dpr-2019-2024-yang-dilantik-hari-ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *