Pemantau Pemilu ditempatkan di Sekitar Jakarta oleh KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menempatkan para pemantau pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekitar Jakarta untuk mengawasi jalannya Pemilu Serentak 2019.

Ketua KPU Arief Budiman beserta pihaknya telah mengundang sebanyal 120 pemantau pemilu yang tugasnya nanti melihat secara langsung jalannya Pemilu 2019. Pemantau ini berasal dari dalam dan jga luar negeri yang sudah terdaftar ke KPU.

Dari 120 delegasi yang ada, pemantau ini berasal dari latar belakang berbeda seperti dari KPU berbagai negara luar negara Indonesia, NGO Internasional, ada juga pemantau pemilu dari negara sahabat (embassy) yang ada di Indonesia.

Arief juga mengatakan bahwa siapa saja boleh mendaftarkan diri ke KPU sebagai pemantau pemilu. Syaratnya harus merupakan lembaga resmi dan juga sudah mendapatkan izin. Jika berasal dari luar negeri (asing) maka harus sudah mendapatkan izin dari Kementrian Luar Negeri.

Sebelumnya nanti KPU akan mengadakan seminar khusu untuk seluruh pemantau pemilu yang diadakan pada 15-18 April. Seminar ini bertujuan memberi penjelasan sistem dan masalah-masalah penting dalam pemilu Indonesia.

Sumber :

https://nasional.sindonews.com/read/1390335/12/kpu-tempatkan-pemantau-pemilu-di-sekitar-jakarta-1553630859/10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *