Pengamat : Jangan Jadikan Hasil Survei Sebagai Acuan Akhir Pemilu

Berita Politik Terkini

Pengamat : Jangan Jadikan Hasil Survei Sebagai Acuan Akhir Pemilu

jangan jadikan hasil sirvei sebagai acuan akhir pemilu

Pengamat politik Ujang Komarudin meminta agar pasangan capres dari kedua pihak, calon 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, agar tidak menjadikan hasil survei sebagai acuan dalam menentukan hasil akhir. Ia juga mengatakan bahwa banyak hasil survei yang tidak sejalan dengan fakta di lapangan.

Ia juga mencontohkan seperti Pilkada DKI Jakarta, dimana elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada perhitungan suara KPU menurun drastis. Dimana ini sangat berbeda dengan hasil survei.

Pengamat LSI Denny JA Ikrama Masloman ikut menilai bahwa survei memang bukan prediksi hasil akhir. Ia menyebutkan bahwa survei hanya bisa memprediksi elektabilitas pada waktu tertentu. Survei juga dibuat bukan untuk menyenangkan semua pihak.

Pengamat politik Emrus Sihombing menilai bahwa belum ada perubahan signifikan yang disajikan oleh sejumlah lembaga survei termasuk Litbang Kompas jelang Pilpres 2019. Ia juga masih melihat perubahan elektabilitas masih dalam margin of error.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190321010046-32-379284/pengamat-hasil-survei-jangan-jadi-acuan-akhir-pemilu