Survei Terbaru LSI Denny JA : 50,6 Persen Pemilih Tidak Tahu Hari Pencoblosan

Berita Politik Terkini

Survei Terbaru LSI Denny JA : 50,6 Persen Pemilih Tidak Tahu Hari Pencoblosan

Survei-terbaru-LSI-Denny-JA
survei terbaru LSI Denny JA pemilih tidak tahu hari pencoblosan

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan dalam survei terbarunya bahwa tingkat pengenalan pemilih kepada pelaksanaan pilpres 2019 masih rendah.

Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman, mengatakan bahwa secara populasi yang ada 50,6 persen tidak mengetahui dan tidak bisa menyebutkan kapan tanggal dan juga bulan pencoblosan pilpres dengan benar.

Ikrama juga mengatakan bahwa persentase populasi yang didapat berasal dari hasil perkalian atas persentase hasil survei tingkat pengenalan pemilih terhadap pelaksanaan pilpres dengan tingkat pengenalan jadwal pelaksanaan pilpres.

Ikrama memaparkan bahwa 65,2 persen mengklaim mengetahui tanggal pelaksanaan pemilu. Sedangkan 29,5 persen tidak mengetahui. Seluruh temuan ini berdasarkan hasil survei LSI Denny JA yang dilakukan dari 18-25 Februari 2019 kepada 1.200 responden dari 34 provinsi dengan margin of error sekitar 2,9 persen.

Metode survei menggunakan multistage random sampling, wawancara tatap muka mengguanakn kuesioner dan juga dilengkapi dengan diskusi grup fokus, analisis media, dan juga wawancara mendalam.

Ikrama menyampaikan bahwa rendahnya pemahaman pemilih pada pelaksanaan pilpres ini bisa mendorong terjadi dan meningkatnya golput. Salah satu faktornya karena pemilih tidak mendapatkan informasi yang lengkap soal pelaksanaan pemilu. Apalagi pilpres kali ini diikuti oleh kontestan pada pilpres sebelumnya. Ini bisa menjadi kejenuhan di mata sejumlah pemilih.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190319184719-32-378824/lsi-denny-ja-506-persen-pemilih-tak-tahu-hari-pencoblosan